Marketiva

Tuesday, December 05, 2006

Mekanisme Pasar dalam Trading

Mekanisme Pasar

Seperti yang kita telah ketahui bahwa FX market adalah perdagangan yang terbesar di dunia dan broker anda atau institusi dimana anda melakukan perdagangan melaksanakan penawaran dari individu maupun institusi berdasarkan dari interbank rates.

Terus bagaimana penawaran itu terbuat? kurs mata uang diperdagangkan sepasang (in pairs), dan masing-masing diberikan simbol-simbol! Yen Jepang simbolnya adalah JPY, Poundsterling simbolnya adalah GBP, dan begitu juga dengan lainnya.

Jadi, EUR/USD adalah Euro-USDollar pair, GBP/USD adalah PoundSterling-US$ pair, dan lainnya!

Ketika anda melihat FX quotes, anda akan melihat dua deretan angka. ika kita menggunakan EUR/USD sebagai contoh, anda mungkin melihat 0.9950/0.9955. Angka pertama disebut dengan BID (Penawaran), dan angka kedua disebut dengan OFFER/ASK (Permintaan)

Anda mungkin langsung menyadari adanya selisih BID dengan ASK, itulah yang disebut dengan SPREAD. Untuk 4 mata uang utama spread normalnya diberikan 5pips. Masing masing bisa berbeda selisihnya. Silahkan anda check ke broker masing-masing!

Istilah yang paling sering digunakan atas perubahan nilai mata uang adalah PIPS. Contoh: Jika EUR/USD bergerak dari nilai 0.9950 ke 0.9951 itu disebut dengan 1 PIP. Sebuah PIP adalah nilai terakhir dari angka desimal dari penawaran yang kita laksanakan. Kadang kala PIP atau POINT dianggap sebagai referensi untuk penentuan bagaimana kita mengukur menang/kalah kita!

No comments: